6 Olahraga yang membantu Anda menurunkan berat badan dan 2 yang tidak



1. Jogging

Menurut penelitian, jogging adalah cara terbaik untuk mengendalikan obesitas.
Gagasan utama jogging adalah bahwa orang tersebut melakukan modalitas lari jarak jauh, dengan kecepatan lambat dan - di atas segalanya - konstan.

Sebelum melakukan jogging, perlu untuk menghangatkan semua kelompok otot yang terlibat dalam aktivitas, terutama tubuh bagian bawah. Juga sangat penting untuk tetap terhidrasi dengan baik sebelum dan sesudah aktivitas.
Jangan lupa untuk mengenakan sepatu yang nyaman dengan bantalan yang baik untuk menghindari kelebihan otot Anda.

2. Bersepeda gunung

Setelah jogging, bersepeda gunung juga merupakan kegiatan yang bagus untuk mengendalikan obesitas. Olahraga berisiko ini dilakukan di sirkuit alami, biasanya melalui hutan dengan lereng curam dan keturunan yang sangat cepat.

Untuk berlatih bersepeda gunung, penting untuk memiliki sepeda yang cocok untuk melewati medan ini. Selain itu, perlu bahwa pengendara sepeda mengenakan pakaian yang melindungi mereka di sepanjang jalan. Misalnya, helm, sepatu yang pas sekali dengan pedal, dan sarung tangan bersepeda.

3. Hiking

Berjalan kaki juga merupakan olahraga yang sangat efektif bagi mereka yang rentan terhadap obesitas. Saat keluar jalur hiking, seseorang harus memiliki perlengkapan yang baik untuk bertahan dalam perjalanan. Di ransel Anda harus ada banyak air, makanan, batang energi, senter, dan tabir surya.

Selain itu, hiking membawa seseorang lebih dekat ke lingkungan alam, sehingga merupakan simbiosis yang sempurna antara olahraga dan alam.

4. Yoga

Yoga adalah kegiatan lain yang efektif untuk mengendalikan obesitas. Olahraga India ini dikaitkan dengan berbagai praktik meditasi dalam agama Hindu, Budha, dan Jainisme.

Hasil dari praktik ini adalah kesejahteraan fisik dan mental, karena mencapai persepsi tentang 'diri spiritual' dan penyatuan jiwa individu dengan keilahian.

Meskipun yoga biasanya dikaitkan dengan postur yang tidak mungkin, itu benar-benar olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Yoga beradaptasi dengan Anda, bukan Anda dengan yoga. Selain itu, ada antara 30 dan 40 bentuk yoga yang berbeda, jadi mudah untuk menemukan bentuk terbaik untuk Anda.

5. Menari
Tarian, dalam segala bentuk dan gayanya, adalah salah satu praktik paling bermanfaat untuk menghindari kelebihan berat badan atau obesitas.

Ini adalah olahraga yang membutuhkan banyak disiplin dari pihak yang mempraktikkannya. Selain itu, tantangan untuk menari dalam gaya sangat berbeda satu sama lain membuat olahraga ini menarik dan menyenangkan.

6. Balapan berjalan

Olahraga ini juga termasuk dalam daftar kegiatan yang membantu mengendalikan kelebihan berat badan dan obesitas. Balap berjalan adalah disiplin atletik di mana kami mencoba berjalan secepat mungkin, tetapi tanpa berlari.

Mengapa 6 olahraga ini paling efektif?Seperti yang telah kita lihat, penelitian ini mengungkapkan bahwa jogging, bersepeda gunung, hiking, menari, lomba lari, dan yoga adalah olahraga terbaik bagi orang-orang yang secara genetik rentan terhadap obesitas. Alasannya? Olahraga ini mengurangi indeks massa tubuh (BMI).

Bagaimana seharusnya mereka dipraktikkan?
Menurut penelitian, praktik yang ideal adalah melakukan kegiatan ini secara teratur, setidaknya tiga kali seminggu dan lebih dari 30 menit.

Peregangan dan berenang tidak membantu

Penelitian Universitas Taiwan juga menemukan olahraga yang tidak melawan efek genetika pada obesitas. Olahraga ini termasuk peregangan dan berenang.

Berenang tidak membantu

Meskipun kita telah diberitahu berkali-kali bahwa berenang adalah olahraga yang paling lengkap karena ini adalah latihan aerobik di mana dua pertiga dari otot-otot tubuh terlibat, kenyataannya adalah bahwa berenang tampaknya tidak membantu menghindari efek genetika pada obesitas.

Kenapa tidak berenang?
Alasan mengapa berenang tidak efektif dalam hal ini, adalah karena olahraga merangsang nafsu makan. Ini adalah kelemahan utama bagi para praktisi yang ingin mengontrol berat badan mereka.

Peregangan juga tidak membantu.
Peregangan tidak membantu dalam mengendalikan obesitas karena itu adalah aktivitas yang menghabiskan energi jauh lebih sedikit. Jika Anda suka melakukan peregangan, maka lakukan sebelum dan sesudah salah satu kegiatan yang disarankan: hiking, jogging, lomba lari, menari, yoga, atau bersepeda gunung.
Share:

Popular Posts

Recent Posts